Konsep Building Information Modeling

29 Apr 2010

Perkembangan teknologi informasi sekarang memungkinkan kita membuat model Virtual Building di komputer untuk mensimulasikan gedung sebelum dibangun. Teknologi ini berbeda dengan penggambaran CAD yang selama ini kita aplikasikan yang tidak berbeda dengan menggambar manual otomatis dengan teknologi komputer. Tradisional CAD adalah menggambar garis lurus, lengkung, lingkaran dan blok dalam 2 dimensi (2D) yang menggambarkan bagaimana gedung akan dibangun.

Dengan teknologi Virtual Building kita menggambar menggunakan elemen gedung seperti kolom, plat, balok, dinding, atap, pintu, jendela, tangga dan objek lainnya. Tiap-tiap objek 3 dimensi (3D) yang kita gambar merepresentasikan elemen gedung dengan perilaku sesuai elemen gedung sebenarnya.

Prinsip dasar dari pemodelan BIM adalah kita dapat menggunakan model bangunan 3D untuk mendapatkan semua gambar proyek yang diperlukan - termasuk tampak, potongan, gambar presentasi dan rendering serta gambar detail konstruksi, serta perhitungan kuantitas dan estimasi harga. Perubahan pada satu elemen model secara otomatis akan memperbarui semua gambar, perhitungan kuantitas dan estimasi harga.


TAGS Rencana Anggaran Biaya Building Information Modeling Virtual Building


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post