RAB otomatis dari BIM

16 Apr 2010

Dalam dunia konstruksi perhitungan volume pekerjaan adalah suatu hal yang sangat penting. Kesalahan dalam perhitungan volume akan berakibat pada kerugian yang sangat besar bagi kontraktor. Kebanyakan sifat kontrak yang dipakai dalam proyek konstruksi adalah lumpsum fix price dimana resiko kesalahan akibat volume yang tidak akurat menjadi tanggung jawab kontraktor sepenuhnya.

Metode yang dipakai untuk menghitung volume pekerjaan saat ini adalah dengan cara menghitung manual seluruh item pekerjaan satu persatu dengan bantuan program spreadsheet. Untuk satu proyek gedung diperlukan minimal 3 (kadang lebih) estimator yang bekerja seminggu penuh untuk menyelesaikan semua perhitungan yang diperlukan. Itu juga belum tentu menghasilkan perhitungan yang akurat, sering kali beberapa item pekerjaan tidak masuk dalam perhitungan karena terlewatkan.

Perkembangan teknologi saat ini memungkinkan untuk mendapatkan perhitungan volume pekerjaan otomatis dari model komputer yang biasa disebut BIM (Building Information Modeling). Semua elemen konstruksi yang digambarkan dalam model secara otomatis akan didapat volumenya. Total volume material untuk setiap item pekerjaan yang dibutuhkan, total upah yang dibutuhkan, pekerjaan mana saja yang akan di subkontrakkan, semua bisa didapatkan dari BIM.

Kendala utama untuk mengaplikasikan BIM adalah harga software yang sangat mahal, saat ini program AutoCAD 2011 untuk satu lisensi saja Rp.40 juta, padahal program AutoCAD 2011 tidak dibuat khusus untuk BIM, harga program AutoCAD Revit Structure Suite dari Autodesk adalah Rp.67 juta, kita juga harus mengeluarkan Rp.67 juta lagi kalau mau menggunakan AutoCAD Revit Architecture Suite. Progam AutoCAD Revit hanya untuk membuat BIM, untuk mendapatkan perhitungan volume dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dibutuhkan program Autodesk Quantity Takeoff 2010 yang harganya juga sangat mahal.

Pilihan cerdas yang bisa kita ambil adalah menggunakan program Constructor 2008 untuk membuat BIM yang bisa digunakan untuk struktur, arsitektur, maupun mekanikal dan elektrikal. Perhitungan volume dan RAB bisa kita dapat dari program Estimator 2008 yang bisa membaca langsung data dari Conctructor 2008. Program Constructor 2008 berasal dari program ArchiCAD 11 yang di khususkan bagi kontraktor. Program-program tersebut adalah free (bebas digunakan) untuk mahasiswa dan universitas (student version), sedangkan untuk perusahaan komersial tersedia trial program selama 60 hari (setelah 60 hari kalo mau memperpanjang lagi dengan legal tinggal ganti username pada Windows Vista / Seven atau install ulang pada Windows XP).

Penggunaan program Constructor 2008 dan Estimator 2008 tahap demi tahap mulai dari menginstall program sampai mendapatkan laporan RAB untuk tender, bisa anda ikuti disini. Disarankan untuk mengikuti seluruh tahapan dari awal sampai akhir,


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post